REVIEW JDRAMA SP : DOUBLE FACE : Sennyu Sousa Hen: Gisou Keisatsu Hen (2012)


 Sebenarnya saya ingin nulis banyak banget review dorama lain, tapi setelah lihat Double Face, saya jadi ber’nafsu’banget  pingin nulis reviewnya. Yang lain minggir dulu dah he he he ..

Dibuat dalam dua seri drama SP, Double Face : Sennyu Sousa Hen (Moriya Jun’s Story) dan Double Face : Gisou Keisatsu Hen (Takayama Ryosuke’s Story) adalah adaptasi dari Infernal Affair yang dibintangi Andy Lau dan Tony Leung (demenan jaman baheula nih .. wink-wink J ). Dan meski secara garis besar ceritanya sama, namun sentuhan Jepang nya membuat drama ini terkesan fresh. Dan meskipun ini SP, kesan yang kita dapatkan pas menontonnya seperti menonton muvi. Adegan kejar2an mobil dan pertarungan jalanannya cukup intense.

Bagi yang sudah menonton Infernal Affair tentu sudah hafal jalan ceritanya. Seorang polisi, Moriya Jun ( Nishijima Hidetoshi) disusupkan dalam organisasi Yakuza. Sebenarnya dia sudah pingin banget kembali ke kesatuannya sebagai polisi, namun tugas yang diembannya belum selesai. Sebelum Oda-gumi berhasil dibasmi, dia belum boleh kembali ke kepolisian. Di sisi lain ada Takayama Ryosuke (Kagawa Teruyuki) anggota Oda-gumi yang disusupkan di kepolisian. Karena prestasinya yang bagus, dia cepat mendapat promosi dan mendapat kedudukan penting di divisi Infernal Affair. Saling intip dua agen inilah yang bikin menarik. Setiap kali Moriya memberikan informasi, Takayama juga memberikan detail rencana kepolisian ke bos nya. Akhirnya, Oda-gumi sukar sekali dibekuk. Melihat kenyataan ini, kedua belah pihak curiga ada penyusup dan memulai mencari cara untuk menangkap penyusup tersebut. Ironisnya Takayama malah ditugaskan untuk mencari penyusup di kepolisian, padahal dia sendiri penyusup itu ..

Sejak awal kekuatan cerita Double Face adalah bagaimana dua orang harus menjadi ‘munafik’ dengan dua wajah yang bertolak belakang. Takayama anggota kepolisian, yang seharusnya membela kebenaran malah selalu memihak pada Oda-gumi, kelompok pengedar narkotika. Hatinya mulai bertanya siapa dia sebenarnya. Apalagi sejak kedatangan Mari (Yu Aoi), cewek anak menteri yang sengaja didekatinya atas perintah Bos Oda-gumi. Sementara Moriya sudah lelah menahan diri melihat kejahatan di depan matanya. Dia sangat ingin kembali ke kepolisian dan menumpas penjahat. Dialognya dengan dr. Nishida (Wakui Emi) menunjukkan betapa ‘desperate’nya dia dengan dualism kehidupannya.

Meski sudah tahu akhirnya, tetep saja kematian Moriya bikin nyesek. Bagaimana tidak .. keinginannya sangat besar bergabung kembali ke kepolisian. Segala daya dan upaya sudah dia kerahkan. Tapi sampai mati pun dia tetap mati sebagai anggota Yakuza. Benci saya berlipat ganda pada Takayama, karena dia sudah menghapus data Moriya. Kalau dulu pas liat IA saya tidak dapat membenci tokoh Takayama 100% karena bias Andy Lau (he he he .. Yo Ko is my very first love ) maka di Double Face saya dapat membencinya sesuka hati. Meskipun demikian, di akhir cerita, pas anggota Black Dragon menyatakan bahwa semua property Oda-gumi beralih kepemilikan termasuk juga agen2 rahasiannya, mau tidak mau saya kasihan juga pada Takayama. Dia benar2 tidak dapat me’reset’ hidupnya. Seolah lepas dari mulut buaya ke mulut harimau.

Overall recommended banget .. Bintang 4 deh J

Tidbits :

  1. Pemeran Moriya ( Nishijima Hideyoshi) adalah pemeran Matsuoka di Ordinary People (Asunaro hakusho) dorama jaman baheula yang pernah diputer di Indos. Agak lupa2 ingat ceritanya soalnya dulu masih kecil. Kayaknya sih tokoh yang gay tapi mati ditengah cerita. Pas liat OP lebih suka mantengin Toride sih he he waktu itu belum tahu kalo itu KimuTaku  Kalo dilihat sekarang, ternyata versi dewasa (om2) Nishijima jauh lebih keren daripada Kimutaku yah … (disambit batu fans kimutaku 😛 )
  2. Agak ga terima juga pas tahu karakter Andy Lau diperankan kagawa Teruyuki. Dia gak sekeren Andy Lau !! Kenapa bisa nyari orang keren buat karakter Tony Leung tapi ga  buat karakter Andy Lau?? *nangis guling2* tapi pas liat aktingnya, keren banget, jadi dimaafkan deh
  3. Dan akhirnya saya pun semakin jatuh dalam pesona om2 keren di dorama … (kebanyakan nonton dorama yang dibintangi om2 sih he he he)

Nishijima Hidetoshi as Moriya Jun

Kagawa Teruyuki as Takayama Ryosuke

densha otoko he he he Ito Atsushi as Hiroshi

‘cop’ vs ‘cop’

Advertisements

~ by zee on 2012/11/13.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: