REVIEW : IRYU 3 (2010) ‘ WHEN EVERYBODY START TO DO IMAGINARY TRAINING’


Asada fell from rooftop (that’s why you shouldn’t do imaginary training at rooftop, Sensei 🙂 )
Asada badly injured
Asada got amnesia and PTSD
Asada’s teary eyes
So … I finished Iryu 3 just because of Asada. And he acted like human here…
And Sakaguchi-san was older here but somehow hotter (or even hottest) than previous season ke ke ke
 

Okay, akhirnya setelah menunggu dengan sabar, saya bisa nonton Iryu 3 sampai selesai. Sebelumnya saya sudah banyak baca spoiler dan review tentang iryu 3 ini. Sebagian ada yang bilang bagus, sebagian lagi bilang ceritanya  ga semenarik season pertama dan keduanya. For me ?? Not too bad but not too good either ..

Meishin yang dipimpin Kitou diambang kebangkrutan. Akhirnya Kitou memutuskan memanggil kembali Team Dragon yang berserakan. Katou jadi spesialis cangkok jantung anak di AS, Fujiyoshi jadi dokter di klinik di pulau terpencil dan Asada, seperti biasa, sedang jadi dokter di medan perang. Ijyuuin sendiri masih di Meishin dan sekarang sudah jadi surgeon beneran. Sementara Arase kembali tenggelam dalam dunianya yang kelam. Namun akhirnya Team dragon kembali bersatu dan berhasil melakukan operasi Paraganglioma. Sayang kegembiraan mereka ternoda dengan kedatangan akuarium berisi ikan arwana ha ha ha … Yah .. penggemar Iryu pasti sudah gatel pingin nggoreng ikan itu sejak season pertama. Bukan hanya itu, kali ini Noguchi juga membawa oleh2 ahli kateter dari Amerika, Kuroki Keijiro. Ironisnya, ketika Arase pingsan dan membutuhkan operasi, yang menolong Arase adalah Kuroki, dengan metode kateternya.

Jadi, kalau Iryu season pertama tentang pembentukan team dragon, dan season kedua tentang pembentukan team dragon di Hakuyo, maka season ketiga ini tentang surgery vs kateter, atau Asada vs Kuroki, atau katou vs Noguchi (terserah mau pilih yang mana). Dan kalo ada yang bilang ceritanya kemana-mana dan kurang fokus, dengan berat hati saya menyetujuinya.

Bagi saya Iryu menarik karena cerita2 yang dialami pasiennya, hubungan dokter dan pasien serta adegan di ruang operasi yang sangat realis. Tapi di Iryu 3 ini saya pikir terlalu banyak drama, adegan ga penting dan terlalu banyak Noguchi dengan tingkah anehnya. I hate Noguchi from deepest of my heart .. Dan memuncak di sesason ini … hah ~ bahkan Kitou sensei yang cool juga ikut2an geje kaya Noguchi.

Bagi saya persaingan kateter dan surgery itu tidak seharusnya terjadi. Masing2 ada kekurangan dan kelebihan. Seharusnya dokter memberi kebebasan pada pasien untuk memilih mana yang dia inginkan. Meski saya tidak banyak tahu, tapi sepertinya memang ada penyakit2 yang lebih baik pake metode kateter dan ada yang harus make surgery. Tapi ya kalo ga persaingan bakal ga ada cerita dong he he he …

Trus tentang penghianatan Ijyuuin. Bagi saya Ijyuuin merupakan karakter yang paling berkembang pesat di Iryu 1, mengagumkan di Iryu 2 dan agak menjengkelkan di Iryu 3. Sayang sekali, kenapa karakter yang paling mengerti dan merasa memiliki team Dragon malah menghianati dan bergabung dengan musuh. Lagi pula pola ini mirip dengan season 1 ketika Ijyuuin berbelok ke kubu Kirishima (meski pada akhirnya itu hanya sandiwara). Mungkin lebih masuk akal kalo Arase saja yang berkhianat karena merasa berhutang nyawa pada Kuroki.

Meski demikian dorama ini tetap dorama medical terbaik yang pernah saya tonton (semua seasonnya) Ada pesan moral, operasi2 yang menegangngkan dan dokter yang benar2 terlihat seperti dokter (khusus Asada, persilangan dokter dengan yakuza he he). Dan saya senang Asada semakin manusiawi di season ini. Saya suka adegan Asada berlatih berjalan pasca operasi. So vulnerable .. he he bukannya saya suka lihat Asada menderita, tapi jarang2 melihat Asada yang very well reserved person ternyata punya kelemahan juga. Dia bahkan membungkuk minta maaf pada Team Dragon. Ini salah satu yang membuat saya bisa stick dengan dorama ini sampai akhir. Adegan favorit saya adalah pas si anak kecil (Toru) memeluk Asada dan sangat merasa bersalah sambil menagis dia berkata “Sensei .. Asada Sensei ..” Dan pertahanan saya pun jebol .. hau hau .. Asada Sensei … suki desu ❤ ❤ akting si pemeran Toru bener2 keren …

Karena ceritanya agak longgar saya jadi lebih perhatian pada hal2 detail di Iryu 3. Katou, Fujiyoshi dan Ijyuuin punya style rambut baru. Katou pake highheels pas ngoperasi (epi 1) padahal biasanya pake selop sama seperti Asada dan Ijyuuin. Asada yang biasanya pake sepatu boot kaya hansip sekarang pake sepatu kets yang lebih modis. Tapi sayang kaus dan celana kargonya Asada tetep kaya season2 sebelumnya. Saya bener2 kasihan sama Asada di season ini. Sudah bajunya ga ganti, di cerita pun dia di buat menderita. Sering banget mondar mandir bawa ransel ijo butut itu, seperti orang yang tidak diinginkan. Image Asada di Iryu 3 ini mirip Oni me no Kyo di SDK. Poor Asada … (sepertinya kok saya jadi focus ke Asada ya season ini 😛 )

Dan terus terang, sampai akhir, saya masih belum mengerti fungsi scrub nurse pengganti Miki dan dokter intern cewek itu. Rasanya kok mereka numpang lewat saja ya .. Trus pas liat adegan terakhir Asada dan Kuroki, saya ga berhenti berandai-andai seandainya yang meregang nyawa di pelukan Asada itu karakter perempuan, tentu adegan ini bakal amat sangat romantis. Tapi sepertinya Asada tidak seberuntung itu he he he …

here some pics :

Absolutely .. Pathetic  … Blergh…

all casts

Our beloved Asada Sensei ..

Ijyuuin & Asada

The ‘not so villain’ Kuroki

the ‘black’ ijyuuin

bukan cuma Asada yang hobi imaginary training, tapi juga Kuroki bahkan Noguchi. Bedanya meraka tidak shirtless dan melakukannya di tempat yang aman. Plus tidak ada asap-asap di sekelilingnya he he he

~ by zee on 2012/08/28.

3 Responses to “REVIEW : IRYU 3 (2010) ‘ WHEN EVERYBODY START TO DO IMAGINARY TRAINING’”

  1. ini ini suka banget sama filmnya. reviewnya juga. tapi berhubung belum liat yang iryu 2 dan 3. baca reviewnya belom sampek selesai. ntar jadi tau ceritanya yang ke 2 ke 3 dong ya kalo dibaca seutuhnya. hehee
    terus ini cover blog nya pake kata2 vermount apa vermout gitu ya.. keren lah..
    ayoo makan makan.. :))

    • ahhh keponakan yg baik he he .. iya itu kata2nya vermouth .. bener2 penggemar conan ya .. makasih sudah berkunjung 🙂

  2. Iryu 3 sudah bener2 nguras emosi saya pas pertama kali nonton, terlebih waktu episode 6, depresi banget saat tau Asada jatuh dari balkon rumah sakit, dan sempet ilang ingatan 😦
    Menurut saya, iryu 3 adalah season paling ok diantara season iryu yang lain ^^;

Leave a Reply

 
