REVIEW MOVIE : CONAN MOVIE 15 QUARTER OF SILENT (2011)


Finally, nemu juga pilem ini

 

Walikota Tokyo, Asakura Yuichiro mendapatkan surat ancaman sehari sebelum dia meresmikan jalur lintasan kereta api Touto yang baru. Ketika hari peresmian, ternyata pelaku melaksanakan niatnya dengan memasang bom di jalur kereta. Untunglah, dengan kesigapan Conan, insiden berdarah bisa dihindari. Penyelidikan tentang surat ancaman pada Walikota, membawa pada persoalan 8 tahun yang lalu, ketika walikota masih jadi meneteri yang bertanggungjawab atas pembangunan bendungan besar di Niigata. Saat itu, satu kota ditenggelamkan supaya bisa dibangun bendungan. Seluruh penduduknya dipindahkan ke kota Kitanosawa yang baru. Sepertinya, saat ini proses penggusuran berlangsung dengan baik.

Karena ingin menyelidikinya, grup detektiv cilik bersama prof. Agasa pergi ke Kitanosawa. Mereka bertemu dengan Kogora, Ran dan Sonoko. Selain itu mereka juga bertemu sekelompok orang local yang ternyata masing2 memiliki masa lalu yang misterius.

Suatu pagi terjadi kehebohan, karena Touma, anak yang koma sejak 8 tahun lalu tiba2 sadar. Dia kehilangan ingatan tentang 8 tahun lalu. Ingatan tersebut samar-samar kembali ketika dia melihat diamond dust. Kembalinya ingatan Touma menjadi ancaman bagi seseorang. Jelas sudah bahwa 8 tahun lalu ada kejadian misterius yang menyebabkan Touma hilang ingatan, meninggalnya natsuki dan rentetan kejadian yang lain. Termasuk terbunuhnya Hikawa Shougo beberapa hari yang lalu. Conan dan grup detektif cilik berusaha memecahkan misteri yang terjadi. Namun mereka dalam bahaya besar karena penjahat dibalik kejadian 8 tahun lalu tidak mau tinggal diam.

Mungkin saya sudah eneg dengan Conan atau memang Aoyama sensei sudah agak tumpul naluri misterinya, tapi saya merasa cerita conan muvi dari tahun ke tahun semakin mudah ditebak. Kurang seru. Saya memang sudah tidak mengikuti manga conan sejak beberapa tahun lalu, entah sekarang ceritanya berkembang kemana, tapi rasanya cerita conan di manga jauh lebih kompleks daripada versi movienya. Apalagi kalo sudah melibatkan Gin dkk.

Di Quarter of silent ini tidak ada peran serta Meguri dkk dari kepolisian Tokyo. Bahkan Kogoro tidur juga tidak beraksi. Nyaris semua misteri dipecahkan sendiri oleh Conan plus ‘sedikit’ dibantu teman detektifnya. Alur critanya juga mudah ditebak hingga nyaris tidak ada ketegangan yang saya alami ketika menontonnya. Bahkan ketika adegan terakhir Conan tertimbun salju dan nyaris mati (soalnya otak dewasa saya yg ga asik sini ibuk mbisiki “tokoh utama e gak bakal mati  lah” Saya rindu ketegangan seperti pas cerita Baker Street atau Ancient Capital ( lupa judul lengkapnya) Rame… tokohnya banyak dan konfliknya mantep. Ada Heiji dan Kazuha juga..

Conan adalah manga generasi pertama, selain Rurouni Kenshi, yang saya baca. Hebatnya sampai sekarang Conan belum tamat2. Masih kelas satu saja . Mungkin saya sudah waleh dengan ceritanya sehingga sudah mulai tidak tertarik lagi baca manganya beberapa tahun lalu. Tapi saya tetep berharap muvi2 conan ke depan lebih baik, seru dan menegangkan ..

Advertisements

~ by zee on 2012/07/14.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: