MOVIE REVIEW : EINSTEIN & EDDINGTON (2008)


29 Mei 1919, ekspedisi ilmuwan Inggris yang dipimpin oleh Sir Arthur Eddington mengamati gerhana matahari total di Pulau Principe, Afrika. Tujuannya hanya satu, membuktikan apakah Newton atau Einstein yang benar.

Kembali pada tahun 1914, ketika terjadi Perang Dunia I, Sir Oliver Lodge menunjuk Arthur Eddington sebagai kepala penelitian astronomi di Cambridge. Eddington adalah pengukur terbaik di Inggris saat itu. Misi yang diemban Eddington adalah membuktikan bahwa teori Einstein, seorang ilmuwan Jerman, salah dan dunia tetap berpegang pada prinsip Newton tentang gravitasi dan alam semesta.

Sedangkan di Swiss, Einstein ditawari Max Plank untuk kembali ke Jerman dan mengabdi di Prussian Academi of Sciences. Dengan iming-iming dana penelitian yang tidak terbatas untuk membuktikan teorinya, Einstein pergi  ke Jerman meninggalkan istri dan anaknya.

Eddington yang mempelajari tulisan-tulisan Einstein merasa terkesan dengan teori baru yang diberikannya. Namun, karena ketegangan masa perang. Eddington mulai kesulitan mendapatkan jurnal-jurnal yang ditulis  Einstein, hingga dia memutuskan untuk langsung menulis surat kepadanya. Diskusi dua ilmuwan ini berlanjut lewat surat menyurat. Hingga terjadi insiden di Ypres dimana tentara Jerman menggunakan gas klorin yang membunuh ribuan tentara Inggris, termasuk William, ‘teman dekat’ Eddington. Hubungan kedua Negara benar-benar terputus.

Einstein memprotes keras aksi itu hingga akhirnya dia dikeluarkan dari Prussian Academy. Tenggelam dalam keputusasaan dalam membuktikan teorinya, Einstein jatuh sakit. Sementara Eddington mulai meragukan keberadaan Tuhan gara-gara William tewas. Ketika akhirnya Einstein bisa memecahkan teorinya, dia berkirim surat pada Eddington. Eddington, dibantu temannya Dyson, membujuk Sir Oliver untuk mendanai penelitiannya. Teori Relativitas Einstein berhasil dibuktikan Eddington dengan membandingkan foto posisi bintang-bintang pada saat terjadi gerhana matahari dengan posisi bintang-bintang biasanya. Einstein dengan teori relativitasnya menjadi salah satu ilmuwan yang terkenal, tapi, sayangnya, Eddington tidak.

Film produksi BBC tahun 2008 ini pada awalnya samasekali ga menarik perhatian. Lah wong judulnya aja begitu … Tapi ada yang bikin saya penasaran, Who is Eddington ?? Apa hubungannya dengan Einstein ?? Trus saya juga penasaran sama Andy Serkis. Ini peran pertamanya sebagai manusia (sepanjang yg saya tahu). Sebelumnya dia main sebagai Gollum di LOtR dan King Kong. Dan ternyata… wah .. ada Plank, ada Koppel … Lah kok jadi pelajaran Fisika gini ??? he he he he

Overall ceritanya cukup menarik. Saya jadi tidak suka dengan Einstein yang meninggalkan istrinya, Mileva, dan berselingkuh dg sepupunya sendiri, Elsa. Mungkin memiliki istri ahli matematika memang tidak menarik, tapi memilih seorang perempuan yang hanya mau senengnya saja (Elsa meninggalkan Einstein saat dia terbuang hingga jatuh sakit)… Blah !!! Sebuah pilihan yang bodoh. Seumur-umur saya baru tahu kalau Einstein juga selingkuh. Sebuah ironi juga, ketika Einsten digambarkan mati-matian menentang peranan ilmuwan dalam peperangan, dia lah yang menemukan senjata pemusnah massal yang luar biasa mematikan, bom atom

Eddington, pada awalnya kelihatan menyedihkan sekali. Tapi lama-lama kelihatan kalau dia orang yang teguh pendirian dan punya prinsip yang jelas. Berbeda dengan Einstein yang atheis, Eddington seorang Quaker. Dia percaya pada Tuhan yang universal. Satu pernyataan menarik Eddington ketika membuktikan kebenaran teori Relativitas Einstein, “ I can hear God thinking”

Hmmm … gara-gara film ini saya sampe nyari apa itu Quaker dan apa hubungannya dengan Quaker Oatmeal

Advertisements

~ by zee on 2012/07/10.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: