JDRAMA : IRYU TEAM MEDICAL DRAGON 1 & 2


After long break and lost to kdrama land .. I found my way back to Jdrama (dorama)

Tadaima …^^

 

Katou Akira (Inamori Izumi) adalah seorang dokter yang kaku dan berkemauan keras. Demi menyelesaikan tesisnya dan menjadi professor di RS. Meishin, Katou mengundang Asada Ryutarou (Sakaguchi Kenji), ahli bedah jantung hebat tapi bersifat kasar dan suka semauanya sendiri untuk melakukan operasi Batista (operasi pembuangan bagian jantung yang rusak lalu menjahitnya kembali). Karena beberapa hal, Asada terkucil dari dunia medis dan menetap di gubuk tepi pantai bersama Satohara Miki (Mizukawa Asami). Meski butuh pekerjaan, Asada tidak langsung menyanggupi undangan Katou. Apalagi saat dia melihat sendiri bagaiimana buruknya perlakuan Meishin pada pasien. Asada mengatakan bahwa untuk membuat operasi Batista berhasil, dia membutuhkan tim yang hebat dan solid, dan sepertinya sulit membentuk tim seperti itu di Meishin yang sekarang.

Asada akhirnya menjadi dokter di Meishin setelah mendapat garansi dari Katou kalo dia boleh membentuk timnya sendiri. Tim Batista pilihan Asada akhirnya terbentuk. Ada Ijyuuin Noboru (Koike Teppei), intern tahun pertama yang polos tapi perhatian pada pasien. Fujiyoshi Keishi (Sasano Kuranosuke), internis yang humanis, Arase Monji (Abe Sadao), anaesthetis jenius dengan masa lalu yang kelam. Tentu saja plus Miki, Katou dan Asada sendiri.

Sebagai antagonis, ada Noguchi, professor bedah jantung yang hanya mementingkan posisi dan kejayaan pribadi. Ditambah Kirishima Gunji (Kitamura Kazuki), kakak tiri Miki dan bekas teman Asada di masa lalu. Akankah operasi ini berhasil?? He he kayaknya sudah banyak yang tahu endingnya 😛

Di season 2, Asada, Fujiyoshi dan Ijyuuin dibuang ke RS. Hakuyo, rumah sakit yang akan digusur. Di sana Asada berusaha membuat tim tangguh seperti tim sebelumnya. Tapi yang dihadapi adalah dokter2 jenius dengan karakter yang ‘unik’ plus masa alau yang kelam. Bisakah Asada menyelamatkan Hakuyo ? Bisakah Asada membentuk tim yang hebat ??

Dorama ini sudah tayang tahun 2006, sekuel terakhirnya saja tahun 2010 but .. Better late than nothing .. Pas liat ternyata nyaris semua cast familier. Penyegaran total dari wajah2 bening khas Korea yang biasa dilihat. Kali ini full ahjushi .. kecuali little cute guy Teppei-kun (meski di season 2 ada lebih banyak ‘pemandangan’)

Sebenarnya medical drama bukan barang baru bagi saya. Jaman baheula saya sudah suka sama ER Chicago Hope atau Grey’s Anatomy. Tapi entah kenapa ketika beberapa tahun yang lalu saya pernah ditawari Iryu oleh Iru chan, trus ditawari lagi sama Nisa chan, semua saya tolak karena saya tidak punya nyali nonton orang ngubek2 dada dengan jantung yg berdenyut2 (saya sempat ngintip beberapa menit 😛 ) Padahal aesthetic (OST Iryu) sudah jadi lagu wajib di playlist sejak lama he he he. Namun akhirnya seminggu yang lalu, karena kekangenan pada dorama, saya putuskan untuk mencobanya. Toh saya bisa survive pas nonton code blue dulu he he he Dan ternyata … sugoiii … Entah karena saya tambah tegar atau gimana, saya bisa survive melihat adegan operasi berdarah2 lengkap dengan jantung yang masih berdenyut. Saya malah merasa excited. Saya nonton dengan runtut dari awal hingga akhir, tanpa mengklik tombol FF sekalipun. Setelah 4 hari, dua season khatam dengan sempurna. Sesuatu yang sudah lama tidak saya lakukan atau tidak bisa saya lakukan ketika nonton kdrama.

Tiap episode selalu menyajikan suatu cerita yang tak jarang bikin nangis. Bagi saya, adegan di meja operasi memang bikin dag dig dug der. Tapi background story tiap karakter (utama atau pendukung) jauh lebih menarik bagi saya. Humanis. Seperti saat pasien jantung stadium tiga yang hanya ingin menghabiskan hari2 terakhirnya dengan damai, alasan Katou ngotot ingin jadi professor atau kenapa Arase bertingkah seperti orang tidak waras. Rangkaian ini ditambah proses operasi yang menegangkan membuat saya betah nonton beberapa episode sekaligus. Nilai plus dari medical drama Jepang terutama Iryu adalah mereka mau repot2 memberi penjelasan plus gambar tentang penyakit yang dihadapi. Jadi kita2 yang buta istilah kedokteran ini bisa ngikuti apa yang terjadi.

Dari segi karakter, hanya satu yang saya benci, NOGUCHI, he is true capitalist. Bener2 kakek2 ambisius yang mengejar keuntungan saja, bahkan rela mengorbankan nyawa para pasien. Karakter Asada yang stoic dan pemberontak adalah tipikal tokoh komik. Tapi ketika berhadapan dengan pasien mukanya langsung hangat. Pandangan matanya teeheee … bikin klepek2. Saya suka cara drama ini membentuk tiap karakternya sehingga menimbulkan simpati pada penonton, meskipun karakter itu terlihat jahat (Katou, Arase, Kirishima)

Karakter favorit saya adalah tiga tokoh perempuan di drama ini, Satohara Miki, Katou Akira dan the one and only Meishin’s female professor, kepala ER Kitou Shouko (Natsuki Mari). Ketiganya bener2 tipikal perempuan mandiri. Miki mantap memilih jalannya sendiri, Katou, meski sempat down dengan penghianatan Kirishima, akhirnya mampu bangkit lagi dan berjuang demi cita2nya. Kitou ?? Kitou is fabulous woman. Tegas, ambisius plus misterius. How about Asada ?? well, every healthy woman will fall for Asada .. even Ijyuuin already fell for him ha ha ha

Iryu diangkat jadi cerita komik, jadi sejak awal saya sudah siap lihat sesuatu yang agak2 ajaib. Seperti skill Asada yang terlalu luar biasa dan selalu nemu ide on the spot tiap kali mengalami masalah di meja operasi. Atau beberapa penyelesaian kasus yang agak mustahil terjadi di dunia nyata. Bagi yang sudah biasa baca komik Jepang tentu sudah mahfum dengan karakter super seperti ini. Kalo ambil contoh dari genre medical comic ada dr. Goto (dr.Goto), Tessho dan Ryoutou (Wild Life) atau Mahigashi Teru (God hand teru) .. jiiah .. ketahuan nih.. mantan otaku he he he ..

Ada juga di episode pertama saat semua terkesima melihat Asada melakukan pemijatan jantung trus tangannya bercahaya. Atau entah bagaimana tiap Asada lewat di lorong selalu ada angin bertiup hingga jas dokternya berkibar2 dan bikin Asada tambah keren beberapa derajat he he … atau formasi ala F4 saat tim dragon nasuk atau keluar ruang operasi. Mungkin bagi sebagian orang terlihat lebay, tapi hey .. ini dorama. They must have certain measure of bizarre awesomeness that only the JDrama can bring. Yang kadang hanya dimengerti oleh Jdrama lover dan antek2nya ha ha ha … (ingat kegilaan ala hanakimi dan nodame) Tapi sungguh semua adegan ‘aneh’ itu tak bisa dibandingkan dengan latihan bedah imajiner ala Asada yang dia lakukan di atap dengan efek asap yang bikin dramatis. Yang entah kenapa dia juga shirtless. Gak takut masuk angin Asada Sensei ?? he he he  dan entah kenapa pula Ijyuuin dan Miki cuma bisa mlongo melihat itu semua. Ga ada yang bilang “ Yamette kudasai Asada sensei, anata wa baka mitae”

Adegan yang berkesan bagi saya:

  1. Ketika Asada bilang kalo tim dragon butuh Ijyuuin. Seorang dokter jenius macam Asada bilang butuh pada intern baru yang lugu, tidak berpengalaman dan penakut seperti Ijyuuin. (Seandaianya pas mengatakannya Asada gak sambil praktek bedah imajiner di atap. Itu sedikit menghancurkan nuansa yang dibangun)
  2. Ketika Fujiyoshi bilang ke Ijyuuin kalo pasti ada orang di dunia ini yang membutuhkan dia
  3. Saat Noguchi bilang kalau orang yang membayar lebih, berhak mendapat perawatan yang lebih baik. Itulah kapitalisme sejati. Ya, di jaman kapitalisme ini, orang miskin dilarang sakit karena ga akan bisa bayar biaya rumah sakit yg selangit. Kalau mau pake jamkesmas, siap2 mendapat perawatan asal2an dari rumah sakit. Darn you capitalism!!
  4. Semua nasehat pasien nenek-nenek pada Toyama di episode 7 season 2
  5. Waktu kakek tua dan istrinya mau lewat tangga yang cukup tinggi, pas si istri ragu2 karena khawatir kesehatan si kakek trus si kakek bilang “Daijobu”
  6. Nasehat Super Doctor pada Ijyuuin soal menjadi manusia biasa diantara orang2 jenius

Tapi bukannya Iryu tanpa kekurangan sih. Props badan manusia yang dibedah terlihat berwarna kuning, kliatan palsu. Bayinya juga. Tapi props yg lain oke. Apalagi jantung imitasinya.

Overall solid story, solid acting and great soundtrack. Kecuali latihan bedah imajiner di atap, argh .. I really don’t like that scene ..

Satu lagi yang bisa saya ucapkan setelah melihat dua season Iryu adalah : Alhamdulillah, saya dilahirkan dengan jantung yang normal dan sehat. Banyak orang2 yang lahir dengan kelainan jantung yg harus rela dadanya di bedah, di install macem2, digunting sana-sini, dijahit duhh … Semoga jantung ini selalu sehat.

Sayangi jantung mu zee, jangan banyak makan bakso dan pangsit (two my favourite food) !! Ayo makan Oatmeal tiap pagi he he he … (oatmeal + susu coklat = yummy )

 

Tambahan gak penting :

Seandainya Korea bikin adaptasi Iryu, mungkin bakal ada kisah cinta segitiga Asada-Katou-Kirishima atau Asada- Miki – Katou – Kirishima (ini mah segi empat he he). Well, kdrama can’t live without loveline, right ??

Seandainya sinet indo seperti Iryu, mungkin banyak remaja yang pingin jadi dokter, bukannya jadi artis karena kebanyakan nonton sinet macam putih abu-abu

Btw, sudah berapa tahun ya puasa ga baca komik ?? gara2 bahas Iryu jadi kangen pingin baca komik lagi : <

Gallery Iryu

Asada sensei what the h*** are you doing up there ?? (adegan paling ga penting)

 

How can you get mad to little cuttie like Ijyuuin a.ka Boku-chan ~ >.<

 

Asada sensei, full battle regalia : “Ikuzo”

Jarang-jarang Asada sensei pasang muka seperti ini

sumber (sedikit) humor di Iryu : Kihara & Ijyuuin

 

Dragon Team in action : enaknya diapakan nih ??

 

 

Dragon team : ‘ we’re look so cool on this formation, ne ..’ 😀

Katou & Asada

 

The man behind the genius Asada Ryutarou, Sakaguchi Kenji

Target berikutnya :

Advertisements

~ by zee on 2012/07/08.

One Response to “JDRAMA : IRYU TEAM MEDICAL DRAGON 1 & 2”

  1. Share web link downloadnya ya. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: