RESEP SUP KERANG A.KA KERANG MASAK KUNCI


Behind the recipe :

Suatu ketika pas lagi maen ke rumah temen, ada ibu2 nawarkan kerang, udang dll yang katanya fresh dari laut. Harganya murmer. Saya yg emang dari sononya suka iseng dan mencoba resep2 ajaib, akhirnya memutuskan untuk beli kerang. Nawaitu banget dah … Padahal bumbunya apa saya juga ga tahu. Tapi dulu2 pernah makan sup kerang bawaan teman yang katanya dikasih kunci. Untuk memastikan, saya langsung gugling resep sup kerang. Wuih .. kok susah amat ya bumbunya. Padahal saya anak kos yang peralatan dan bumbunya terbatas banget.. Akhirnya saya memodifikasi resep, jadilah masakan di bawah ini. Sebenarnya saya ingin nambahkan sayur seperti bayam atau kentang, tapi saya terlalu malas untuk pergi ke tukang sayur, apalagi saat itu sudah hampir magrib.

Pas jadi, hasilnya tidak mengecewakan kok .. Temen2 kos yang jadi kelinci percobaan juga ga ada yang mengeluh sakit atau muntah2 he he he .. semua bilang enak. Tapi mungkin juga mereka komen begitu karena emang lapar.

Sup ini enak dimakan begitu saja alias tidak pake nasi (menurut pengalaman saya)

Bahan :

  • Kerang yang masih ada cangkangnya  (ukuran sedang) jenisnya persis kaya gambar di poto (ga tau itu jnis apa)
  • Bawang merah dan bawang putih, diiris tipis
  • Tomat, iris tipis
  • Kunci (bukan kunci inggris loh ya .. apalagi kunci kontak, ini rempah kunci) kurleb 2 cm, kupas, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar

(kalau suka pedas bisa ditambah cabai, secara pribadi saya suka pedas. Tapi untuk kali ini saya sengaja ga pake cabe karena … pingin aja teeheehee … )

Cara buat :

  • Cuci bersih kerang (asli, seumur2 saya ga pernah masak kerang, apalagi yang ada cangkangnya. Saya ga tahu kalo nyuci kerang itu harus disikat satu2 untuk ngilangin pasirnya. Apalagi kerang yang saya beli itu masih fresh dari laut. Ck ck ck .. lamaaaa .. bikin kapok )
  • Masukkan kerang ke dalam air. Beri daun salam. Kemudian rebus hingga cangkang kerang terbuka. (tips : ga perlu nunggu terbuka sempurna, asalkan sudah mudah dibuka cangkangnya, itu sudah cukup)
  • Buang air bekas rebusan kerang. (daun salamnya juga dibuang)
  • Tiriskan kerang
  • Masak air hingga panas kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, tomat dan kunci.
  • Setelah mendidih, masukkan kerang. Masak 10-15 menit
  • Sebelum diangkat, tambahkan gula dan garam secukupnya.
  • Sup siap dinikmati

Anyway, foto sup kerang di atas bukan hasil karya saya, tapi nyomot di web lain he he he .. saya ga sempet moto2 sup kerang saya yang secara penampilan dan rasa sederhana banget he he he ..

~ by zee on 2012/06/03.

Leave a Reply

 
