Review K-Drama : The Moon That Embraces The Sun


Menurut saya, cerita drama sejarah Korea jauh lebih bagus dibandingkan drama Korea yang biasa. Konfliknya lebih rumit dan ceritanya lumayan padat. Sayangnya drama jenis begini biasanya episodenya cukup banyak, minimal 50an episode. Drama sejarah Korea sampai sekarang yang paling bagus menurut saya adalah Jewel in the Palace dan Queen Seon Deok.

Tapi sekarang ini ada tren baru drama fiksi sejarah yang episodenya cuma 16-20an. Seperti Sungkyungkwan Scandal dan Moon Sun ini. Dari segi cerita dan konflik jauh lebih sederhana dibanding drama sejarah ‘beneran’. Nah salah satu drama terbaru yang lagi tayang di Korea sana adalah The Moon That Embraces The Sun, yang dibintangi Kim Soo Hyun ( yeah .. akhirnya saya tahu nama asli pemeran Sam Dong), Han Ga in dan Jung Il Woo ( orang satu ini ada di mana2 yah 🙂 )

The Moon mengisahkan Korea dimasa Joseon. Tidak boleh ada dua matahari dalam satu Negara. Demi menjaga kelanggengan kekuasaan, Ibu Suri memerintahkan untuk melancarkan fitnah keji dan membunuh Pangeran Wiseon. Adik tiri Kaisar yang berkuasa. Dibantu Menteri Yoon Dae Yung, dia berhasil menjalankan niatnya. Mereka juga membunuh seorang Shaman Ah Ri, yang menjadi saksi mata atas kasus tersebut. Sebelum meninggal Ah Ri berpesan pada temannya, Jang Nok Yong untuk melindungi satu rembulan dan dua matahari generasi berikutnya.

Masa pun berlalu. Ketika menghadiri wisuda kakaknya, Heo Yeon Woo tersesat di istana dan bertemu dengan Lee Hwon yang ternyata adalah putra mahkota. Keduanya langsung saling menyukai. Singkat cerita Yeon Woo terpilih menjadi Putri Mahkota. Namun dia tiba-tiba terserang penyakit aneh yang mematikan. Yeon Woo dipisahkan dengan Lee Hwon dan dikembalikan ke rumah orang tuanya. Tidak lama kemudian Yeon Woo meninggal. Kedudukan Putri Mahkota jatuh pada Yoon Bo Kyung, putri Menteri Yoon yang masih kerabat Ibu Suri.

Delapan tahun kemudian muncul seorang Shaman perempuan bernama Wol. Dia anak angkat Shaman Kepala Istana Bintang Jang Nok Yong. Kemiripan Wol dengan Yeon Woo membuat Lee Hwon (yang sudah jadi kaisar) bimbang. Pangeran Yang Myung (kakak tiri Lee Hwon) juga berpikiran bahwa Wol adalah Yeon Woo. Akhirnya Lee Hwon memutuskan untuk menyelidiki kematian Putri Mahkota delapan tahun yang lalu. Penyelidikan yang membawanya pada kenyataan pahit dan pilihan sulit antara membuka kebenaran dan melindungi keluarganya tercinta

Kim Soo Hyun sebagai Lee Hwon

Jung Il Woo sebagai Pangeran Yang Myung

 

Han Ga in sebagai Heo Yeon Woo

Moon Sun ceritanya cukup bagus, meski 20 episode menurut saya terlalu banyak. Beberapa bagian terkesan bertele-tele, terutama episode 10 ke atas. Jalinan humor dan dramanya lumayan. Tapi gara-gara adegan humor itu, kesan Lee Hwon (atau lebih tepatnya Kim Soo Hyun) jadi makin kekanak-kanakan. Dia terlalu cute. Suaranya sih boleh lah .. tapi kalo liat wajahnya .. aduhhh … mending maen jadi anak sekolahan aja deh .. Pas adegan mesra sama Ratu Boo Kyung ga pantes sama sekali. Ratunya ketuaan. Menurut saya malah serasian Yang Myung sama Yeon Woo daripada Lee Hwon dan Yeon Woo. Mungkin lain kali bisa dipertimbangkan lah usia pemeran-pemerannya. Biar lebih pas lagi. Tapi dari segi akting mereka cukup bagus. Inilah bedanya drama korea dengan sinetron kita. Kalau korea, sejelek apapun naskah, akting pemainnya rata-rata cukup bagus (lihat Ramyun atau Marry Me Mary). Tapi kalo sinetron kita, sudah jelek jalan ceritanya, acting pas-pasan, make-up menor eh .. ga tamat2 pula.

Saya memang baru nonton sampai episode 18, tapi secara kasar bisa ditebak lah endingnya. Moon Sun memang bukan drama korea yang istimewa, tapi saya pikir pantas untuk diberi skala 3 dari 5. Ceritanya ga terlalu ringan, pemainnya bagus2 dan cukup menghibur.

Advertisements

~ by zee on 2012/03/14.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: