GRS17 Green and Clean


PS : catatan ini ditulis dalam suasana hati yang kurang enak akibat diceramahi petugas PLN s**l*n yang datang untuk mbenerin lampu yg kedip2 .. “emang bapak kira, kita2 kurang kerjaan apa sampe nmenghubungi 123 kalo ga ada perlunya !!!”

Sebelum ke pokok persoalan, perlu saya kasih preview dulu tentang tempat tinggal saya selama kurleb 3 (menuju 4) tahun ini. GRS17 adalah kos putri di suatu tempat di Surabaya. Lebih tepatnya, satu-satunya kos putri di gang tersebut. Maklum, kami dekat dengan sebuah PT teknik, jadi banyak cowoknya. Penghuninya beragam, mulai pekerja, dosen sampai mahasiswi (yg ini mayoritas). Kami ber-15 (kalo lengkap, ga ada yg lagi liburan, pulkam dsb) hidup dengan tenang rukun, damai dan sedikit ‘gila’ Entah kenapa hampir semua anak yg masuk kesini tipenya ramai dan heboh. Kesan pertama sih kalem-kalem. Tapi ternyata … podo ae .. tua muda sama gilanya!!! (mengakui sendiri nih J ) Pernah teman saya yg berkunjung ke kos merasa heran dengan kehebohan kami he he he  .. Kos kami mirip kontrakan karena pemilik kos tinggal nun jauh di sana. Karena itu pula kami lebih bebas ‘berekspresi’ Susahnya kalo ada masalah kami harus nyelesaikan sendiri. Seperti masalah listrik yang dalam sebulan terakhir ini meneror kami semua.

Nah kembali ke masalah green and clean. Suatu ketika ‘Angel’ mengajukan wacana tentang pemilahan sampah plastik dan organik. Tujuannya biar ga sia-sia dan bisa diubah jadi ‘pemasukan’ buat kos. Buat beli obat pel, bolham, tagihan sampah dll. Sebagai perempuan kami belajar mengatur keuangan rumah tangga sejak dini loh he he he .. Usulan ini langsung ditanggapi serius sama ‘WJ’ yang udah merasakan kalo pemisahan sampah itu sangat penting. Maklum di Taiwan (dia hidup disana selama dua tahun) sampah dibagi jadi 7 jenis. Jelas saja kami nggak ngikuti model Taiwan. Bisa-bisa mau buang sampah aja mikirnya sejam gara2 bingung mau masukin ke tempat yang mana he he he… Akhirnya sekarang kami membagi sampah menjadi 4 jenis saja:

  1. botol plastik+barang2 plastik keras
  2. kertas & kardus (segala jenis)
  3. plastik (kantong plastik, bungkus mie dan sejenisnya)
  4. organik (semua yang ga masuk kategori 1 – 3)

tempat sampah di Taiwan (sebagian)

penampungan sementara

penampungan ‘akhir’

Ada 3 trash bag hitam buesar untuk nampung sampah 1-3. Tapi kami juga punya tempat sampah kecil untuk penampungan sementara. Kalo sampah 4 kami buang tiap hari ke bak penampungan di depan rumah. Apakah rencana ini akan berhasil ? Apa bisa kos kami (dengan segala kekurangan dan kelebihannya he he he ) bisa jadi kos yang ramah lingkungan, green and clean ?? Yah .. emang sih kos kami ga clean-clean amat. Kadang ada saja yang ‘mbulet’ kalo diminta bersih-bersih (padahal sudah jadwalnya). Tapi lumayanlah .. meski jadwal piket kebanyakan mandeg kalo lagi musim liburan. Kalo udah gitu kami2 ‘penunggu kos’ yg terpaksa ‘turun tangan’. Kos kami juga ga green karena beberapa tanaman yang pernah diberikan Pak Kos berakhir dengan mengenaskan. Kami suka kelupaan nyiram. Maklum aja tangan-tangan di kos ini kebanyakan lebih akrab dengan tools box yang berisi solder, timah, obeng dan teman-temannya. Tangan-tangan yang ga terlalu feminine he he he .. tapi semoga saja sedikit yang kami coba lakukan ini bisa bermanfaat bagi kami untuk melatih hidup bersih dan teratur plus sedikit meringankan beban lingkungan …

Terakhir buat GRS17-ers, ‘ojo males lek resik-resik rek …’ kalo kos bersih dan nyaman kan kita juga yg enak he he he

GRS17 bagian sayap barat,  khusus buat anak yg ‘langsing2’

slum area’ di GRS17 he he .. common room + dapur. Masih ada beberapa kursi +meja tp ga kelihatan

Advertisements

~ by zee on 2012/01/31.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: