The A Team : “I love it when a plan comes together”


Dulu … pas jamannya tipi swasta cuma ada sebiji

Ketika aku masih imut2 dan pake seragam merah putih

Ada satu serial paporit yang aku nyesel banget kalo sampai kelewatan satu episode aja ..

Kisahnya tentang 4 veteran perang Vietnam yang jadi buronan pemerintah gara2 kejahatan yang tidak pernah mereka lakukan.

  • Colonel John ‘Hannibal’ Smith : kakek2 berambut putih dengan ciri khas cerutu yang selalu nempel dibibirnya. Meski bibir tersenyum, tapi tangan tetep mengokang senapan
  • Letnan Templeton ‘Faceman’ Peck : Si Playboy yang pandai menggunakan ‘kelebihannya’ untuk mencapai maksud yg diinginkan
  • Kapten HM ‘Howling Mad’ Murdock : Pilot ‘hebat’ dengan kepribadian unik yang selalu make jaket dan topi
  • Sersan BA ‘Bad Attitude’ Baracus : Cowok kuat yang mirip toko perhiasan berjalan gara2 saking banyaknya kalung + cincin yg nempel ditubuhnya. Meski wajahnya gahar, ternyata dia takut banget kalo terbang (Mr. T … you are unreplacable …)

Mereka disebut The A Team. Di setiap seri mereka menjalani misi2 tertentu. Dengan strategi yang agak2 nyleneh, dibumbui pertengkaran ga penting Murdock dan BA, pada akhirnya mereka berhasil menyelesaikan misi tersebut dengan sukses. So typical. Tapi anehnya aku ga pernah bosen mengikuti dengan setia .. he he he ..

Pas denger akan dibuat versi layer lebarnya, aku seneng banget. Pengen tahu gimana The A Team versi modern, sebagus aslinya atau malah lebih jelek. Soalnya jarang sekali adaptasi dari serial tivi sukses semenarik versi aslinya. Bahkan ada yang bener2 berubah total dari format asli serialnya. Contoh yang paling nyata, Mission Impossible. Mereka merubah kerja tim Mission Impossible jadi one man shownya Ethan Hunt. Who’s Ethan Hunt ??.

Nah … setelah ngiler2 liat trailernya, penantianku selama tiga bulan terbayar sudah. Dan hasilnya (menurutku) LUAR BIASA … two thumbs up dah .. Joe Carnahan berhasil menghadirkan kembali ketegangan ala The A Team. Banyak tembak2an, ledakan, kejar2an plus humor2 yang sangat The A Team banget.. Yah .. kapan lagi melihat tank terbang pake parasut dan helicopter terbalik. Atau nama Black Forest sebagai jasa keamanan di Irak. Cerita yang mengalir lancar dan cepat. Musiknya … mereka menggunakan original theme The A Team. Sugoiii …

Pemerannya juga oke2. Liam Neeson (Taken) cukup berhasil menjadi Hannibal yang cerdas dan penuh perhitungan. Mungkin dia agak kurang senyum saja dibanding Hannibal yang asli he he he Bradley Cooper (The Hangover), well… what should I say about him. Mampu bicara berbagai bahasa, cerdas plus hobi shirtless  Faceman berhasil bikin ngeces cewe2 bukan hanya dalam muvi tapi juga yang nonton. Sharlto Copley (District 9) menurutku agak terlalu tua buat jadi Murdock tapi lumayan juga. Wajahnya konyol. Tugas berat diemban oleh Quinton ‘Rampage’ Jackson (kykna ga pernah liat dia maen pilem) . Menggantikan Mr. T sebagai BA bukan hal mudah, karena Mr. T adalah ikon The A Team. Tapi, meski tanpa rambut mowhawk (baru di akhir2 cerita dia berambut mowhawk) dan aksesori khas BA, dia cukup berhasil memerankannya dengan baik. Bahkan pemeran lain juga ga kalah bagus, seperti Patrick Wilson yg jadi agen CIA Lynch. Gaya kekanak2annya kena banget. Nyebelin. Atau agen cantik DCIS Charisa Sosa yang diperankan Jessica Biel. Semua memainkan porsinya masing2. ga ada yang menonjol atau lemah.

Jadi kalo disuruh ngasih rating. Dengan murah hati saya kasih nilai bintang tiga deh 🙂 Sedikit personal memang, tapi setidaknya aku ga dbuat kecewa oleh versi muvi ini. Kita malah bisa tahu sejarah gimana A Team bisa terbentuk dan kenapa BA yang mantan Airbone Ranger malah takut terbang. Akhir fimnya mengisyaratkan akan ada sekuel dan aku sama sekali tidak keberatan menunggu sekuelnya J.

Memang tidak ada pelajaran khusus yang bisa kita dapat dari film ini. Adegan actionnya juga kadang ga masuk akal. Tapi mau bagaimana lagi .. Yang kalian tonton adalah The A Team … Jadi ya sudahlah … Just Enjoy The Show

Notes :

Aku nunggu tiga bulan supaya bisa nobar di rumah bareng keluarga. Sambil ngingat2 jaman dulu. Dan tahu pendapat bapakku setelah nonton ??

“ Pemain2nya tampange terlalu pintar dan kelihatan mikir. Kalau The A Team dulu santai tapi misinya teratasi semua. Apalagi yg jadi BA” Lah, berarti The A Team yang dulu tampange blo’on2 dunk Pak ..

Aku ga gitu suka Copley, tapi suka banget sama Murdock dan segala adegannya. Mulai dari dia ‘ngglantung’ di baling2 sampe tampang puyengnya setelah ditembak Lynch …

Advertisements

~ by zee on 2010/09/22.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: