Mimpi ….


Apakah kamu percaya keajaiban ? Apakah kamu punya mimpi ? …
Keajaiban itu apa ? Mimpi itu apa ? Samakah mimpi dengan keinginan dan cita-cita ? Bukannya mimpi hanya terjadi saat kita tidur ? Serentetan pertanyaan mengikuti dua  pertanyaan awal yang sederhana.
Bagiku sendiri, keajaiban itu benar2 ada. Mungkin aku sendiri belum mengalaminya, tapi aku percaya karena Tuhan benar2 Maha Kuasa.

Kalo tentang mimpi -mungkin lebih tepatnya keinginan- kurasa, seiring berjalannya waktu, seiring kedewasaan, kita menjadi lebih realistis. Lebih sering berkompromi dengan keadaan. Kalo dulu saat kecil ngotot pengen jadi dokter, setelah bisa menyadari bahwa keadaan keluarga ga memungkinkan untuk membiayai, maka keinginan itu dibelokkan, disesuaikan dengan kemampuan. Mungkin sebagian orang akan bilang bahwa itu pengecut. ga mau berusaha. Tapi kekuatan manusia memang terbatas. Dan mau tidak mau kita harus menerima.Asalkan tidak putus asa, lalu menyalahkan kehidupan, lalu bunuh diri -aku benar2 benci pada orang yang bunuh diri :((- Asalkan tetap menghadapi kehidupan dengan berani, bagiku penyesuaian keinginan dan kenyataan adalah sebuah kebijaksanaan.

Mungkin bagi sebagian orang, tidak ada yang namanya mimpi. Mereka terlalu sibuk dengan kehidupan ini hingga tak sempat berfikir tentang mimpi. Bagi mereka, mimpi adalah bunga tidur. Tidak layak untuk dipikirkan. Mungkin itu juga yang terjadi pada ‘anak2 itu’ Cita2 bagi mereka adalah sesuatu yang tidak nyata. Sekolah saat ini hanya untuk mengenal huruf dan angka. Biar bisa jadi pedagang kalau sudah lulus SD, atau paling ga -seapes2nya-bisa ngitung honor kalau nanti jadi tukang becak atau kuli panggul. Mungkin itu yang menyebabkan mereka hanya tersenyum manis ketika kutanya tentang cita2. Tidak ada impian atau imajinasi -sekarang aku mengeti kenapa mereka lebih suka mewarnai daripada menggambar- Bagi mereka hidup ini sudah cukup sulit. Bisa bermain selayaknya anak2 saja mereka sudah bersyukur sekali. Bermain di tengah kesibukan mencari kardus atau botol bekas, mengamen bahkan mengemis di perempatan. Kalau toh ada bara kecil dalam hati mereka untuk jadi manusia yang lebih baik, lingkungan dengan kejam menyiramkan air pada bara yang mulai memerah itu. “Halah, ngayal kamu!” “Ngaca dong” dan ungkapan2 kejam yang pasti membekas di hati anak2 yang polos. Yang mungkin dikatakan, bahkan oleh orangtua mereka sendiri. Hingga akhirnya mereka sadar bahwa bayangan2 indah itu cuma mimpi yang takkan mungkin terjadi. Dan itu benar2 menyakitkan

Aku ingat perkataan Sakuma-san pada Chiaki -Nodame Cantabile-,yang makna bebasnya, bakat jenius itu penting, tapi bertemu dengan orang2 yang berpengaruh dalam hidupmu juga penting. Ya … Laskar Pelangi beruntung bertemu dengan Bu Mus dan orang2 perguruan Muhammadiyah. Arai dan Ikal beruntung bertemu dengan guru yang mampu membawa impian mereka membumbung setinggi awan. Kedatangan Honda Tohru membuat keluarga Shoma berubah total, Chiaki mendapatkan semua yang selama ini cuma ada dalam mimpinya setelah bertemu Nodame. Begitu kuatnya pengaruh orang2 disekeliling kita untuk membentuk diri kita. Positif dan negatif. Karena itu, bersyukurlah orang2 yang bertemu dengan orang2 baik itu.

Apa yang harus kulakukan untuk menghidupkan bara itu, sementara hujan deras terus mengucur, mematikan bahkan menggerogoti arang kecil itu ?
“ya kalau putus sekolah, aku mau mulung, ngamen kalo perlu ngglandang …”
Aku ga mau dengar itu lagi .. dari mulut yang seharusnya punya selaksa cita dan harapan …

Arghhh …What should I do ??

dedicated to malaikat2 kecil yg mengajariku arti hidup
from the deepest of my heart i luv you all

Advertisements

~ by zee on 2008/10/25.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: