Laskar Pelangi


Setelah sekian lama denger plus promosi dari temen2 … akhirnya baca juga …
Ikal ‘Sang Pemimpi’, Lintang ‘The Genius One’, Mahar ‘The Next Vivaldi’, A Kiong a.ka Nur Zaman, Bore’ a.ka Samson, Sahara, Trapani ‘si Mother Complex’, Syahdan yang sederhana, Kucai ‘si Ketua Kelas’, Harun ‘3 kucing’ dan serta Flo ‘Perempuan Pemberani’
Ceritanya menarik. Tentang sepuluh anak di sekolah desa yang miskin banget. Aku ga tahu ini pure kisah nyata atau mix fiksi. Yang jelas jalinan ceritanya cukup bagus. Ada sisi romantis yang sewajarnya (Ikal dan A Ling), perjuangan dan humor. Penggambaran latarnya detil (jadi inget penggambaran keindahan kuku  A ling yang berparagraf2 . 🙂 ) Berhubung aku tipe pembaca cepat yang suka scanning, detil penggambaran latar belakang yang menurutku ga penting sering kulewati. Tapi tetep ga kehilangan nuansa ceritanya kok …he … he …
Novel ini pantas jadi best seller … ceritanya membumi, ga muluk2 … menawarkan kenyataan hidup yang tidak jarang emang bener2 pahit. Di tengah2 hedonisme yang menggila, wajar kalo novel ini menjadi alternatif bacaan.
 Andrea Hirata  berhasil menyajikan cerita yang mirip gelombang di lautan … kadang naik meninggi .. kadang turun … kita dibuat ketawa ngakak sampai nangis tersedu-sedu. Cara menceritakannya pun enak diikuti. Kita bener2 diajak untuk menyelami kehidupan ini. Tidak menggurui tapi tetep memberi hikmah tersendiri. Sindiran-sindiran sosialnya mengena. Pas buat bangsa yang lagi sakit ini. Endingnya juga tidak tertebak. Tidak ada keajaiban yang dipaksakan. Semua berjalan wajar dan masuk akal. Pelajaran yang bisa dipetik, kita harus terus berjuang, meskipun kadang kenyataan emang ta seindah yang kita bayangkan.Meski masih ga rela kenapa Lintang yang jenius harus berakhir jadi sopir trailer … hiks …

Intinya highly recomended …

Target selanjutnya Sang Pemimpi … e he ~~

thans to theeta … for the book  … GANBATTE FOR UR FINAL PROJECT

Advertisements

~ by zee on 2008/05/29.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: