Comedy of Error


Sekarang lagi tertarik dengan stage play alias teater. Gara-gara liat opening screen Comedy of Error, meriah dan lucu banget. Tetabuhannya sederhana tapi keren. Trus geraknya juga heboh banget. Jadi pengen liat stage play beenran … Padahal bahasa Jepang dan cepet banget ngomongnya, (honestly awalnya nyari vid ini krn di CoE ada O-kun). Meski ngertinya cuma sepotong2, tapi karena lebih banyak gerak tubuhnya, jadi ngerti dikit-dikit lah apa maksudnya. Bener2 lucu.

Penasaran dengan ceritanya, mbah googlepun beraksi. Dapat script lengkap 64 halaman. Busyet dah. Bahasa Inggrisnya masih pake thee. thou, hath… wis … pure english … ancient english .. persis puisi2 klasik jaman dulu (kaya tahu aja  🙂 ). Inggris biasa aja masih senin kamis apalagi yang ini … hueeh … pusing kepalaku. Tapi yah scanning aja deh bacanya. aku jadi kagum sama murid2 sekolah Eropa dan Amerika yang diwajibkan mengapresiasi karya sastra macam ini di kelas Sastra. Pasti pusing banget tuh .. Padahal CoE ini tergolong pendek dibandingkan Hamlet atau RJ

Inti ceritanya sederhana, tentang dua anak kembar Antipholus Syracus dan Antipholus Ephesus plus pembokatnya yang ternyata juga kembar, Dromio Syracus dan Dromio Ephesus. sepasang2 lah. Nah dua pasang manusia ini ga tahu kalo mereka punya kembaran. Suatu ketika saat pergi ke suatu tempat mereka ketemu adriana istri Antipholus Ephesus dan adiknya Luciana. baru ketemu Adriana udah nyerocos ga karuan memaki-maki Antipholus Syracus dan Dromio S kenapa mereka berdua ga pulang-pulang, padahal makan malam udah lama disiapkan. Mereka berdua heran, ni cewek siapa kok tahu2 ngomel2 (adegan ini dipentaskan dengan lucu banget … tiap kali A S mo ngomong selalu dipotong Adriana. Mana ngomongnya merepet terus kaya petasan ~kasian juga yang jadi Adriana dialognya banyak ~ Tapi yang paling kocak pas saputangan Adriana jatuh ke bawah panggung .. plung … trus dengan cueknya dia melompat ke bawah untuk ngambil. Sampai A Syracus  nyaris kejengkang saking kagetnya ) Mereka juga heran kok bisa cewek yang baru mereka temui bisa tahu nama mereka (Adriana memanggil mereka dengan Antipholus dan Dromio) Setelah melalui pertengkaran mulut yang lucu, akhirnya A S dan D S menyerah dengan ikut ke rumah adriana untuk makan malam. Sedangkan Adriana tetep menganggap mereka itu suami dan pembokatnya. Padahal di saat yang sama sang suami juga sedang mencari-carinya.
Akhirnya setelah serangkaian kejadian lucu dan aneh, mereka berempat bertemu (aku ga tahu bagaimana ini dimainkan, karena yang jadi Antipholus dan Dromio di stage masing2 cuma satu orang ) Andriana jadi syok karena suaminya jadi dua. “I see two husbands, or mine eyes deceive me” katanya. Setelah  percakapan serius dengan Abbes, Duke dan Aegeon (ayah duo Antipholus ) jelaslah bahwa selama ini mereka terpisah karena diculik orang ( Icbw … tapi kyknya sih gitu ). A S dan D S besar di kota Syracus sedangkan AE dan DE besar di Corinth.Permasalahan terselesaikan. Akhirnya mereka semua hidup bersama. Cerita di akhiri dengan ucapan Dromio of Ephesus pada Dromio of Syracus “Nay, then, thus:We came into the world like brother and brother:And now let’s go hand in hand, not one before another.
The end ..

Note :
Comedy of Error ditulis oleh William Shakespeare, sehingga pementasannya pun dilakukan ala Shakespeare dimana ga ada pemain perempuan. Semua dimainkan oleh laki-laki.
Antipholus Syracus dan Ephesus di stage dibedakan dengan mantel yang dipakai. Syracus pake merah sedangkan Ephesus pake coklat khaki. Tapi sebenarnya mantelnya bolak-balik, jadi tinggal diputer doang makenya. Sedangkan Dromio S pake topi merah dan Dromio E pake topi putih. Dromio berdandan seperti badut. Dia yang paling kocak dari semua.

Advertisements

~ by zee on 2008/05/16.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: